Tuesday, February 12, 2013

TRIK BIKIN CUCAK HIJAU TAMPIL NGENTROK

Bikin Cucak Hijau Tampil Ngentrok
Sepertinya kurang sempurna bila cucak hijau berkicau tidak mengeluarkan gaya ngentroknya. Bila cucak hijau anda ingin tampil ngentrok berikut ini saya memberikan tips seputar perawatan cucak hijau agar penampilannya semakin memukau ketika di lapangan.

Hal Yang Harus Dilakukan Adalah :
1. Pagi jam 6.00 bila cuaca cerah (tidak mendung atau dingin) , burung di keluarkan dari dalam rumah kemudian buka kerodong sangkar. biarkan berkicau.
2. Jam 7.00 burung mulai dimandikan (pake cepuk dalam sangkat, bak mandi atau semprot). Biarkan mandi sepuasnya dengan catatan kondisi cuaca baik.
3. Jjam 7.30 burung dijemur. Berikan jangkrik 3 - 5 ekor, kroto 1 sendok the, buah segar. Buah yang diberikan biasanya pisang (diolesi madu asli) dan apel.
5. Setelah burung dijemur sekita 2 - 3 jam (tergantung kondisi dan kebiasaan burung). Turunkan sangkar lantas dianginkan beberapa menit setelah itu dikerodong.
6. Sore harinya sekitar Jam 15.00 atau 15.30. Burung siap untuk dimandikan lagi. Sama seperti pagi hari. Saat di jemur berikan jangkrik 3 ekor sambil di cek voor dan air minumnya.
7. Menjelang lomba (H-3) perlakuan mandi jemur sama, namun pemberian extra fooding seperti jangkrik di tambah pagi 7 - 10 ekor, sore 7 - 10. Berikan tambahan seperti ulat hongkong 3 ekor guna memacu daya tempur saat dilapangan.
8. Pada Hari (H-1) menjelang lomba , burung hanya dimandikan lantas dijemur jangan terlalu lama agar energinya tidak terkuras akibat penjemuran, extra fooding kasih sebanyak-banyaknya dengan cara apapun ( biasanya cucak hijau dalam kondisi siap tempur nafsu makannya berkurang khsusnya jangkrik), setelah dijemur dan anginkan dikerodong lagi hingga besok pagi.
   Catatan : Sebagian mania cucak hijau ada yang beranggapan kalau H-1 ada bulu kecil/halus yang rontok sedikit-sedikit itu sebagai pertanda siap untuk turun lomba, berdasarkan pengalaman juga demikian masalah percaya atau tidak terserah anda masing-masing.
9. Pada hari H sebelum berangkat , bersihkan kotoran, cek voor dan buah ganti yang segar. Berikan jangkrik seperti rawatan harian
10. Saat sampai dilapangan sebelum naik gantangan, berikan ulat hongkong sebanyak banyaknya sambil diamati betul-betul kondisi burung sudah mencapai kondisi maksimal atau belum (perawat yang lebih tau). Buka kerodong dijemur di tempat terbuka sampai kelihatan cucak hijau bunyi bongkar lagu dan ngentrok karena melihat burung sejenis atau karena suasana lomba yang ramai kicau burung setelah itu dikerodong lagi.

Sedikit Tips :
Selama menunggu jadwal lomba kalau bisa cari tempat yang tenang agar burung tidak banyak bunyi, setiap 20-30 menit berikan jangkrik minimal 1 atau 2 ekor (biasanya sulit tp harus diusahakan), dan kalau bisa burung direspon terus-menerus misalnya dengan di krek2 sangkarnya dan terus ditempel suara master yang biasa didengar waktu di rumah dengan memakai rekaman HP atau tempel dengan burung masternya lebih baik. Ada sebagian cucak hijau akan bekerja dengan maksimal jika sebelum naik gantangan harus dicash dulu baik dengan sesama jantan atau dengan betina, kalau demikian harus dicarikan partner dan lebih baik kalau bawa sendiri.

Kalau Cucak Hijau anda sebelum naik gantangan masih dalam krodong ketika krodong dibuka sedikit sudah kelihatan ngentrok (njegrik) dengan bongkar lagu-lagu isiannya dengan suara keras maka bisa dipastikan 75 % burung anda akan jalan, yang 25 % adalah faktor x.



No comments:

Post a Comment