Wednesday, February 13, 2013

TIPS RAWATAN PLECI


1

Pola Rawatan

a. Rawatan Harian

Perawatan adalah hal yang sangat signifikan dengan PC agar nampil di lapangan. Saya tidak akan membahas maslaah Perawatan PC secara detail. Slahkan simak di Thread2 lain yang sdh dibahas temen2. Namun rawatan harian sangat menentukan si PC nampil bagus. Seperti contoh ada PC yang tanpa voer, namun konsisten dg pisang, ada yang makai Voer plus EF (jangkrik, kroto, UH, UB, dsb). Juga buah adalah menu utama PC seperti: Pisang, apel, jeruk, peer dsb. Kandungan Vitamin yang tinggi buah menjadikan PC menjadi Vit.


b. Rawatan Lomba

Banyak cara agar PC nampil dilomba, ada yang sama rawatan lomba sampai lapangan, ada yang mempersiapkan mulai H-4 dsb. Bermacam-macam cara dalam rawata lomba, ada yang memberikan jangkrik (kecil), mulai sabtu, ada yang memberikan UH mulai saat pagi menjelang lomba.

Inti rawatan adalah kita harus jeli melihat karakter PC kita!

2. Kunci Utama Adalah Pleci Berkualitas

Ini adalah kunci utama dalam merawat PC yang tujuannya buat lomba. Kalau PC anda tidak berkualitas dalam segi Volume, Karakter, dsb maka PC di build up kemanapun akan tetap tidak menghasilkan rawatan optimal untuk lomba. Kalau saya pribadi bila memilih PC bahan (untuk juara) adalah dari segi Volume, Mental dan Kecerdasan. Karena dengan tiga faktor hal tsb, kita bisa menjadikan Volume menjadi lebh baik untuk dipersiapkan di lomba. Kecuali anda COLOK di Latber atau lomba (harus dilihat lombanya ya, dan dipantau kinetjanya PC tsb) , sudah jelas kalau PC tsb sdh bagus, kalau sdh pindah tangan tergantung yang memegangnya.

3. Pengelompokan PC (Koloni)

Sifat PC adalah berkelompok atau koloni, dia lebih suka mengumpul dengan sesama jenis PC. Metode ini bisa diterapkan di rumah hingga dibawa ke Lapangan atau istilahnya pengecasan di lapangan.


4. Pengecasan PC

Ada 3 metode Pengecasan:

1. Pengecasan PC dari rumah s/d Lapangan

Harus bawa PC banyak dari rumah, minimal 2 PC yangs sering berkumpul di rumah, sampai dibawa ke lapangan sebelum digantang dan jangan ketemu dengan PC lain (peserta lomba).

2. Pengecasan denga PC Lain

Seperti AM, sebelum lomba, PC jenis ini harus di cash dengan PC lain (Lawan tandingnya di Lapangan), biasanya yang bawa PC akan berkumpul untuk mengecash sebelum dilombakan.

3. Pengecasan dengan Cewek

Pengecasan dengan Cewek bisa dilakukan, dengan mengkombinasikan metode 1,2,3 bisa dilakukan mulai di rumah sampai dilapangan atau hanya di rumah saja atau cukup di lapangan saja.

4. Penyendirian

Tidak semua PC suka berkelompok dalam rawatan harian, dia lbh suka menyendiri. Untuk itu jeni PC ini bisa disendirikan dalam rawatan hariannya. Namun pengecasan tetap dilakukan sebelum lomba.

5. Sangkar dan Tangkringan

Banyak orang kurang jeli terhadap penggunaan sangkar dan tangkringan, kadang asal saja. Karena ada PC yang suka pakai sangkar kotak atau sangkar bulat, ini karena kebiasaan saja. Kalau sdh terbiasa dengan kotak bila kita ganti, kadang si PC nakal di lomba, ada PC yang bandel ganti sangkar langusng tetep ngerol nancap habis! Juga masalah tangkringan, coba amati dengan penggunaan tangkringan yg sdh terpilih, PC tsb enjoy atau malah naik turun. Konsep dasar memilih tangkringan adalah kaki pc mencengkeram setidaknya 80% lingkaran tangkringan tsb.

6. No. Gantangan

Seperti AM, PC juga ada yang suka gantangan tengah atau gantangan pinggir. Lebih baik sih bisa AC DC artinya tidak masalah gantangan tengah atau pinggir. Di latber2 anda bisa memilih gatangan, namun bila lomba besar, anda tidak bisa memilih, bila PC anda suka gantangan pinggir, dan mendapatkan no tengah, bisa dituker sama temen yang suka gantangan tengah.


Semoga tulisan dasar ini bermanfaat, yang tahu karakter PC anda adalah anda sendiri, belum tentu bila anda comot atau transfer PC juara, di anda juga akan juara, nah itulah seninya memelihara burung dalam hal ini PC.






No comments:

Post a Comment