Monday, March 7, 2016

YUUK KITA TERNAK LOVEBIRD

contoh kandang koloni sederhana

Menurut pengalaman ana cara ternak love bird yang bagus adalah dengan Cara mencari jodohan lovebird dengan kandang koloni, caranya adalah memasukkan Beberapa pasang indukan love bird bisa dijadikan satu di kandang yang ukurannya sesuai. Setelah beberapa saat berada di kandang dan beradaptasi mereka biasanya akan segera berpasang-pasangan.
Setelah ketemu pasangannya baru burung yang sudah berjodoh kita pisahkan ke kurung besi ukuran agak kecil. Lalu di kasih glodok dan sarang.

Pernah saya coba burung yang di kolonikan setelah berjodoh dan tidak saya pindahkan ke kurung lain tetap di biarkan di kandang koloni, eh sudah hampir 5 bulan tidak bertelur, trus saya pindahkan ke kurung batrai ehhhh baru 2 minggu langsung bertelur. Setelah di perhatikan ternyata jika di kolonikan maka burung lovebird yang sedang kawin tidak merasa nyaman karna terganggu dengan pasangan yang lain.

Dan alhamdulilah sekarang ane punya 4 jodoh, yang sudah produksi baru 2 pasang….mantap browww. Bagi rekan2 yang ingin ternak love bird jangan ragu dan takut gagal, coba dan coba insyaallah dengan keuletan dan kesabaran yang di iringi doa. Pasti akan berhasil

Untuk makanan burung lovebird yang terdiri atas biji-bijian seperti millet, juwawut, canary seed, jagung serta sayuran seperti daun kangkung dan wortel. Selain itu love bird juga menyukai kacang-kacangan seperti kacang tanah dan kacang hijau. Pakan tersebut bisa diberikan dengan cara dikombinasi, misalnya pagi campuran biji-bijian, siang sayur dan sore kacang-kacangan. Untuk memacu birahi, selain kwaci, tambahkana makanan extra berupa toge, jagung muda dan sawi. Ketiga jenis sayuran ini terbukti berguna untuk mendongkrak birahi Untuk memacu birahi, selain kwaci, tambahkana makanan extra berupa toge, jagung muda dan sawi. Ketiga jenis sayuran ini terbukti berguna untuk mendongkrak birahi lovebird.

Setelah burung  berjodoh dan kawin induk betina love bird akan bertelur berkisar 3-5 butir dan apabila tidak bertelur juga coba di kasih biji fumayin dan jagung muda, biasanya tidaklama akan cepat bertelurakan setelah bertelur indukan akan mengerami sendiri selama sekitar 29 hari. Setelah telur menetas giliran induk jantan yang memberi makan induk betina dan anak-anaknya.

Pada masa proses mengasuh anak ini pakan berupa jagung muda yang masih bertongkol dan daun kangkung harus diberkan dalam jumlah yang banyak karena bahan itulah yang diberikan induk love bird pada anak-anaknya. Masa pengasuhan ini berlangsung sekitar 1,5 bulan, yaitu saat anak-anak love bird berukuran sama dengan induknya dan dapat makan sendiri. Begitu anak-anak burung keluar dari kotak sarang maka induknya mulai kawin dan menghasilkan keturunan. Dalam setahun sepasang induk love bird bisa berproduksi antara 4 – 6 kali. Dengan biaya pemeliharaan yang murah karena hanya memakan biji-bijian, sayur dan kacang-kacangan sementara anakannya bisa laku mahal maka menangkarkan love bird saat ini merupakan prospek untuk peternakan burung hias.  

No comments:

Post a Comment