Sunday, February 24, 2013

PENJEMURAN FAKTOR PENTING DALAM MERAWAT BURUNG

berbagi pengalaman untuk para kicau mania, dalam masalah penjemuran burung untuk di lombakan, merupakan faktor penting baik dalam waktu sebentar atau lama. pernah saya uji coba di satu jenis burung contohnya burung pleci kepunyaan saya, untuk yang satu di jemur 30 menit yang satu lagi satu jam trus setelah melakukan uji coba penjemuran kedua burung tersebut saya bawa ke latihan dan ternyata yang nagen dan ngeroll di lapang ternyata burung pleci yang di jemur 1 jam. sedangkan yang di jemur dengan waktu 30 menit tidak jalan. padahal burung tersebut sering juara 1 di latberan. jadi kesimpulannnya untuk penjemuran burung di usahakan pas satu jam dari jam 9 sampai jam 10

Wednesday, February 20, 2013

MEMBUAT PLECI BERSUARA NYARING

Sediakan dua tempat wadah minum di dalam kandang, kemudian yang satu di isi air biasa yang satu di isi madu, empat hari sekali burung di beri air ramuan teh plus madu dan perasan air jeruk nipis, di usahakan burung minum ramuan tersebut, jika tidak mau meminumnya buka aja tempat minum air yang biasa, dan untuk satu minggu sekali burung di kasih minum larutan cap kaki tiga. semoga suara pleci anda menjadi nyaring

SALAM KICAU

DUA LOVE BIRDKU JADI JUARA "SI PANSER & SI SUNAN""



LANGSUNG KE PERAWATAN INTINYA AJA ....OK

1. MANDI PAGI HARI, BANGUN TIDUR LANGSUNG ANE MANDIIIN SI SUNAN DAN SI PANSER SAMPAI BASAH KUYUP
2. JEMUR SAMPAI JAM 10
3. KASIH BUAH APEL RUTIN TIAP HARI GA DI KASIH YANG LAIN CUKUP APEL JA
4. SETELAH DI JEMUR MINUMANNYA DI GANTI PAKE LARUTAN
5. BURUNG TIDAK PERNAH DI KERODONG KECUALI MAU KE ARENA LOMBA
6. H- 4 SEBELUM KONTES BURUNG TIDAK DI MANDIKAN
7. SETELAH DI ARENA LOMBA BURUNG DI MANDIKAN
8. JEMUR SAMPAI KERING DAN JANGAN DI KERODONG SAMPAI DI GANTANG DI BUKA TERUS
9. BIASANYA SEBELUM DI GANTANG ANA TREK SEKITAR 2 MENIT DENGAN LOVE BIRD LAIN.

CUKUP INFONYA SEGITU AJA
UNTUK REKAN-REKAN KICAU MANIA YANG PUNYA PENGALAMAN MERAWAT LOVE BIRD, SILAKAN BERBAGI TRIMSS

CARA BETERNAK KENARI

Awalnya saya senang dengan burung kenari karna warna dan suarnya yang mengalun, terpikat keindahan burung kenari maka ada niat untuk mencoba berternak kenari karna bosen beli terus tapi ga pernah bunyi, mungkin sama pedagang di kasih yang betinanya, lama kelamaan saya brosing di om google ketemulah ciri-ciri kenari jantan dan betina, setelah tau ciri2 kenari di periksa deh kenari ane semuanya ehhhh ternyata kenari ane cewe semua. jadilah beli yang jantan lalu di ternakin di sangkar gantung biasa, ga butuh waktu lama kenarinya bertelur 4 biji. kemudian menetas tapi cuma dua ekor yang hidup. sekedar bagi pengalaman aja untuk yang mau ternak kenari inilah di antara cara ternak ane :

1. siapkan sangkar bisa yang gimana aja yang penting bisa di tempel di tembok atau di gantung
2. pastikan kenari anda jantan and betina (takutnya betina or jantan semua)
3. kemudian masukkan burung dalam satu sangkar ( biarin berantem juga nanti setelah satu minggu biasanya udah berjodoh
4. berikan sayuran dan telur puyuh
5. jangan lupa di jemur 2 jam sehari
6. setelah kenari bertelur usahakan kandang jangan di pindah2
7. kenari jantan kalau betinanya sudah bertelur bisa di pisahkan dan di masukkan ke betina yang lain yang belum bertelur.
8. ketika penjodohan burung di mandikan dulu di sangkar yang sama
9. untuk sehari-harinya burung di krodong aja biar cepat berjodoh

sekian pengalaman ane, yang mau ternak silahkan di coba dan jangan takut gagal yang penting ada kemauan mudah2an menjadi peternak kenari yang sukses amiiiiiiin

Sunday, February 17, 2013

Masih ragu dengan jenis kelamin burung Anda? Untuk burung-burung dimorfik, seperti murai batu, kacer, serindit, dan sejenisnya, jenis kelamin relatif mudah dibedakan berdasarkan perbedaan penampilan fisik di beberapa bagian tubuhnya. Tetapi tidak demikian dengan burung-burung monomorfik seperti lovebird, kenari, atau gelatik, karena penampilan fisik jantan dan betina hampir sama. Bahkan burung dimorfik ketika masih anakan hingga muda pun sulit dibedakan. Nah, berikut ini ada cara jitu untuk memprediksi jenis kelamin burung, baik pada burung muda maupun burung dewasa, menggunakan media cincin emas.
Coba pinjam cincin emas milik istri Anda (tetapi jangan dijual dan uangnya untuk beli burung jantan ya…) . Cincin ini yang akan kita gunakan untuk memprediksi jenis kelamin burung Anda. Cara sexing seperti ini biasa disebut sebagai metode pendulum, dan banyak dilakukan oleh para penggemar burung di berbagai belahan dunia, mulai dari Eropa, Asia, Amerika, Afrika, hingga Australia.

CINCIN EMAS DAN BENANG UNTUK SEXING BURUNG
Bahkan di beberapa negara Eropa, perangkat pendulum untuk mengetes jenis kelamin burung ini banyak diperjualbelikan. Penggemar burung di Indonesia juga pernah mengenal perangkat pendulum untuk keperluan sexing burung, namun tidak terbuat dari emas, dan banyak memunculkan komplain dari pembeli akibat tingkat akurasinya sangat rendah.
Tingkat akurasi dari metode pendulum cincin emas ini bisa  mencapai 90%, sehingga banyak digunakan para penangkar. Di Indonesia, sejauh ini, metode tersebut mulai banyak digunakan para penangkar perkutut.
Bagaimana cara kita memprediksi jenis kelamin burung dengan cincin emas ?
Sebenarnya media yang busa digunakan tidak terbatas pada cincin emas, tetapi bisa juga menggunakan media lain seperti jarum yang berukuran besar. Namun karena agak sulit mencarinya, ya lebih baik meminjam cincin milik istri dulu, he..he..he..
Berikut ini  cara membuat  pendulum cincin emas untuk memprediksi jenis kelamin  burung :
  1. Siapkan tali dengan panjang 15 – 20 cm, kemudian ikatkan bagian ujungnya pada cincin.
  2. Pegang burung dengan tangan kiri. Untuk hasil yang lebih akurat,  usahakan  sebagian badan dan kepalanya berada jauh dari genggaman.
  3. Julurkan cincin pelan-pelan, agar berada tepat di atas kepala burung, dengan jarak  antara cincin dan kepala burung sekitar 3-5 cm.
  4. Perhatikan gerakan yang terjadi pada pendulum tersebut, lalu prediksikan jenis kelamin berdasarkan gerakan tersebut :
    –> Gerakan cincin yang satu arah (bergerak maju dan mundur) menandakan burung jantan.
    –> Gerakan cincin yang memutar menandakan burung betina.

Saturday, February 16, 2013

MEMBEDAKAN JENIS KELAMIN PLECI


Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk membedakan burung pleci jantan dengan burung pleci betina, sebagai berikut:
Burung pleci jantan biasanya memiliki lingkar mata yang lebih tebal dan lebih tajam dibandingkan dengan burung pleci betina.
Dilihat dari warna tubuhnya (bulunya), burung pleci jantan memiliki warna bulu yang lebih hijau (lebih tajam) dibandingkan dengan burung pleci betina.
Untuk melihat kelaminnya bisa dilihat pada duburnya. Tiup pada duburnya. Jika terlihat lebih menonjol, maka itu adalah burung pleci jantan.

Friday, February 15, 2013

CARA MEMBEDAKAN JENIS KELAMIN LOVE BIRD


Jika anda ingin membeli love bird untuk berternak anda wajib mengetahui jenis love bird yang  anda beli benar-benar jantan dan betina kalau sampai salah beli dan jenis kelaminnya sama love bird anda tidak akan bertelur sampai kapanpun hehehehe….jadi prustasi deh

Secara fisik jenis kelamin pada lovebird sangat sulit dibedakan. Jangan tertipu oleh lovebird yang kawin, karena lovebird yang kawin belum tentu lovebird tersebut jantan dan betina. Bisa jadi lovebird tersebut jantan semua ataupun betina semua. 

Cirinya adalah jika kira-kira dua minggu setelah kawin lovebird tersebut tidak juga bertelur berarti lovebird tersebut jantan semua dan sebaliknya jika kira-kira 2 minngu setelah kawin lovebird tersebut bertelur lebih dari 6 telur kemungkinan besar lovebird tersebut betina semua. 

Sedangkan cara yang digunakan kebanyakan orang di Indonesia untuk membedakan jenis kelamin lovebird adalah dengan cara meraba tulang, dimana jika jarak antara kedua tulang supit renggang dan terasa lentur maka lovebird tersebut biasanya berjenis kelamin betina. Dan jika jarak antara tulang supit sempit serta terasa keras biasanya lovebird tersebut berjenis kelamin jantan. Namun cara tersebut tidak 100% benar.

Untk cara yang paling akurat yang sering dilakukan oleh orang-orang barat yaitu dengan cara tes darah dengan jalan mencabut sehelai bulu lovebird dimana pada pangkal bulu lovebird tersebut terdapat sedikit darah yang menempel selanjutnya di bawa ke laboratorium yang khusus untuk meneliti jenis kelamin lovebird. Cara inilah, cara yang sangat akurat untuk menentukan jenis kelamin lovebird.

CARA MENJODOHKAN BURUNG LOVE BIRD


MEMULAI PERJODOHAN

Walaupun Lovebird relative mudah untuk dijodohkan, namun tidak sedikit pemula yang menemui kesulitan dalam menjodohkan burung tersebut. Cara paling mudah dan cepat adalah menjodohkan dari anakan/muda. Umbarkan beberapa ekor dalam satu kandang, rawatlah dengan baik, dan berikan makanan yang bergizi dan bersih.

Saat mencapai usia 9 bulan, perhatikan gerak-gerik burung lovebird. Satu hal yang pasti mereka mulai birahi dan timbul gerakan-gerakan seperti saling bercumbu dan jantan biasanya mulai belajar kawin dengan cara menaiki punggung pasangannya seperti mau kawin. Amati pasangan tersebut. Jika hal ini berlanjut beberapa hari, segera pisahkan pasangan itu dari kelompoknya, dan tempatkan dalam satu kandang. Gunakan kandang battery yang mudah dipindahkan. Jemur dan mandikan di pagi hari. Waktu pagi yang paling baik adalah jam 10.00 ke bawah, dimana sinar matahari tidak terlalu terik dan panas. Berikan waktu untuk penyesuai bagi pasangan tersebut. Waktu yang dibutuhkan biasanya adalah sekitar 3 minggu sampai 6 minggu untuk memastikan bahwa pasangan tersebut sudah jodoh dan siap untuk ditangkar.

Satu hal yang paling penting: Jangan masukkan kotak sarang terlalu dini. Kotak sarang yang terlalu cepat dimasukkan akan membuat pasangan itu sibuk dengan kotaknya, karena dianggap sebagai mainan atau sesuatu yang menarik. Selanjutnya mereka akan sibuk dengan kotak itu, yang akhirnya menghilangkan rasa birahi pasangan itu.

A. Siap Ditangkarkan
Pada usia berapa Lovebird siap dan bisa ditangkarkan? Usia yang terbaik untuk breeding Lovebird adalah sekitar 1 tahun. Jika perawatan intensif usia 10 bulan sudah menunjukkan ciri-ciri mau bertelur pada si betina dan birahi mau kawin pada si jantan. Pasangan yang sudah dipisahkan, diamati gerak-geriknya. Kalau anda melihat pasangan itu kawin dengan sempurna, dalam arti ritual kawin itu berjalan cukup lama, dan si jantan tidak jatuh dari punggung si betina, berarti pasangan tersebut sudah siap untuk melakukan reproduksi. Siapkan kandang penangkaran lengkap dengan kotak sarang didalamnya. Masukkan pasangan itu dan tunggulah pasangan itu sampai bertelur.

Pasangan yang sudah ada di kandang penangkaran, akan segera membuat sarang di kotak sarangnya. Usahakan didalam kotak tersebut sudah tersedia bahan serutan kayu setinggi 1 – 2 cm sebagai alas sarang. Lalu berikan kulit jagung muda yang diletakkan dalam kandang. Burung betina akan aktif sekali mengambil kulit jagung dan dirobek-robek dengan paruhnya lalu dibawa masuk ke dalam kotak sarangnya. Jantan yang baik akan rajin menolong si betina. Disini dapat disimpulkan apakah nantinya si jantan akan bertindak sebagai bapak yang baik dan rajin meloloh pasangan dan anaknya.

Kulit jagung muda, hanyalah salah satu media untuk membuat sarang bagi pasangan burung. Selain itu dapat juga menggunakan daun cemara kering, rumput kering, sabut kelapa, daun palem dan lainnya.

 

B. Ritual Kawin.
Memperhatikan pasangan lovebird yang mau kawin sangatlah menarik. Gaya dan gerak-geriknya ritual kawin mereka sangat mengagumkan. Cobalah anda perhatikan sendiri. Love = cinta adalah julukan yang menempel pada burung ini. Bayangkan apalagi ritual kawin mereka.

Si jantan akan memulai dengan tari-tarian yang memadukan gerakan tubuh dan kaki. Si jantan mencumbui si betina dengan menyuapinya. Terlihat seperti pasangan yang sedang berciuman. Semakin sering si jantan menyuapi, si betina segera akan mengembang-kan kedua sayapnya seolah-olah meyambut mempelai prianya. Lalu perkawinan pun segera berlangsung untuk waktu yang cukup lama. Burung biasa, proses kawinnya akan sangat cepat. Tetapi pasangan lovebird sangat beda, mereka menikmati sekali hingga mencapai tahap orgasme baik si jantan dan si betina.

C. Pasangan Sejati
Lovebird adalah burung monogami, mereka berpasangan seumur hidup. Ikatan perkawinan mereka sangat kuat. Jadi pasangan yang sudah tetap akan sulit dicarikan penggantinya. Bila salah satu pasangannya mati, lovebird cenderung akan sulit dicarikan pasangan yang baru. Perlu waktu yang lama untuk melupakan pasangan hidupnya.

Sebaliknya pasangan yang dijodohkan secara paksa, akan lebih mudah dicarikan penggantinya. Jodoh paksa yang penulis maksud adalah menjodohkan 2 ekor lovebird atas kemauan penangkar karena alasan tertentu. Pasangan dipaksa jodoh dalam 1 kandang, yang kemudian sejalan dengan waktu mereka mau menerima pasangannya masing-masing. Lain halnya jika dijodohkan secara koloni atau beberapa ekor. Mereka akan mencari pasangan hidup mereka atas kemauan mereka sendiri. Biasanya akan membuat ikatan pasangan itu kuat

Thursday, February 14, 2013

MERAWAT GLATIK BATU AGAR JUARA


Burung glatik batu kini makin banyak di cari, seiring mulai ramainya kontes yang melombakan jenis burung ini, salah satu hal yang membuat burung ini popular adalah keindahan suaranya serta kerap dijadikan masteran untuk burung kenari, atau burung kicau lainnya. Dan perawatannyapun tidak begitu rumit.

Mungkin ini sedikit tips cara merawat glatik batu agar moncer di lapangan

  • Mandikan burung glatik tiap pagi secara rutin
  •  Jemur secukupnya biasanya 1 atau 2 jam
  • Setelah di jemur berikan EF berupa jangkrik 5 ekor
  • Sore jangkrik 5 ekor
  • Untuk ulat hongkong bisa diberikan malam hari cukup 7 buah
  • Setelah itu full krodong sampai esok harinya
  • Rawatan untuk di arena lomba, burung di buka krodongnya untuk membiasakan glatik di arena lapang
  • Biarkan berkicau sepuasnya.
  • 15 menit sebelum di gantang di krodong dan di kasih kroto satu sendok